Cara Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Memang bagi sebagian orang, mempunyai bekas luka seperti bekas jerawat, bekas cacar, lecet dan bekas luka karena teriris benda tajam biasanya bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri (paling banyak wanita). Terutama jika bekas lukanya terletak di lengan, betis, paha atau wajah. Menghilangkan bekas luka yang sudah lama atau baru memang tidak mudah. Jika bekas luka tersebut tidak langsung dirawat dengan benar maka luka tersebut tidak akan pernah hilang selamanya dan luka tersebut juga dapat menjadi keloid.

Dan tidak heran jika beberapa orang yang menomor satukan penampilan khawatir akan hal
tersebut bahkan rela melakukan cara apa saja untuk menghilangkan bekas lukanya. Berbagai produk salep atau lotion khusus pun dibeli, bahkan juga ada yang nekat untuk menghilangkan bekas luka tersebut melalui cara operasi plastik atau laser agar kulitnya menjadi mulus dan tak bernoda kembali tanpa peduli harus merogoh kocek dalam-dalam!
Sebenarnya, selain dengan pengobatan modern, ada juga alternatif lain yang tidak kalah ampuh untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas luka. Cara ini dapat dilalui dengan menggunakan bahan-bahan alami. Artikel kali ini merangkum 6 cara tradisional terbaik yang sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh banyak orang untuk menghilangkan bekas luka mereka. Penasaran kan dengan bahan tradisonal apa saja yang bisa dicoba untuk menghilangkan bekas luka tersebut? Berikut adalah beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan bekas luka, diantaranya:

-Madu
Cairan yang mirip dengan sirup, kental dan tentunya memiliki rasa yang sangat manis ini mempunyai khasiat untuk merangsang regenerasi sel, mendinginlan dan mengurangi rasa nyeri dan juga untuk menghilangkan bekas luka. Untuk mendapatkan khasiat dari madu ini, James F Balch dan Phyllis A. Balch , dalam Prescription for Nutritional Healing dianjurkan untuk menggunakan madu yang alami. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu secara merata pada kulit yang luka. Biarkan selama 20 sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukanlah cara ini secara rutin dengan 2 atau 3 kali dalam sehari.

-Mentimun
Buah dengan nama bahasa latin Cucumis Sativus ini tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang sangat baik untuk melawan radikal bebas, tapi juga memiliki kandungan air yang tinggi dan juga menyegarkan. Joel Schlessinger,MD , ahli kulit dari Omaha, Nebraska, telah menyimpulkan bahwasanya mentimun memiliki kandungan silika yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Makanya jangan heran jikalau banyak produk yang menggunakan mentimun sebagai bagian penting untuk perawatan kulit baik untuk melembabkan kulit, mengatasi jerawat, mengencangkan kulit, dan juga untuk menghilangkan bekas luka pada kulit Anda. Untuk menghilangkan bekas luka, caranya adalah dengan mencuci bersih mentimun, setelah itu potong mentimun
menjadi kecil-kecil dan haluskan dengan blender, bisa juga ditumbuk. Setelah halus, oleskanlah secara merata pada bagian bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Lakukanlah secara rutin, maka bekas luka akan tersamarkan  dan menjadi hilang.


-Daun Pare
Pare, tanaman satu ini sangat dikenal dengan rasa buahnya yang sangat pahit, merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Dan ternyata, selain buahnya, daunnya pun dapat digunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, ambilah segenggam daun Pare dan cuci sampai bersih. Lalu, remaslah hingga menjadi halus. Tambahkan sedikit air hangat kemudian peras. Setelah itu, campurkan air perasan tadi dengan tepung beras sebnyak 2 sendok makan hingga teksturnya menjadi seperti pasta. Kemudian, aduk hingga merata dan balurkan pada
bagian bekas luka. Biarkan mengering lalu bilas sampai bersih.

-Teh Hijau
Para ahli kesehatan telah menyimpulkan bahwa daun dari tanaman teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidannya memiliki kekuatan 200 kali lebih baik dari vitamin E dan memang sudah terbukti juga dapat mengurangi aktivitas hormon menyebabkan timbulnya jerawat, mengontrol produksi minyak, mengurangi peradangan pada kulit, dan menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau juga bagus untuk dijadikan toner. Caranya sangatlah mudah, basahi kapas atau handuk kecil (yang lembut) dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Kemudian, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.


-Lidah Buaya
Tanaman ini sangat dikenal sebagai tanaman untuk menumbuhkan rambut secara alami. Kini, lidah buaya sudah banyak digunakan untuk merawat kulit. Tidak heran, dengan kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada lidah buaya, berkhasiat untuk melembabkan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit. Lidah buaya juga memiliki kandungan anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Berhati-hatilah agar tidak kena bagian getah dari lidah buaya tersebut karena getah tersebut dapat membuat kulit menjadi gatal.

-Daun Mint
Tanaman yang bernama latin Mentha Piperita ini adalah sebuah tanaman herbal yang banyak dipakai untuk dijadikan berbagai produk seperti obat kumur, minyak angin dan odol. Selain itu, daun mint juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit. Daun mint juga sering dipakai untuk membantu menghilangkan jerawat, luka bakar, dan bahkan juga diyakini ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup dengan beberapa lembar daun mint kemudian cuci bersih lalu haluskan hingga berbentuk scrub. Selanjutnya tinggal oleskan ke area luka Anda.


Menggunakan bahan yang alami untuk membantu menghilangkan bekas luka, memang membuat Anda bebas dari efek samping, selain itu juga biayanya terjangkau dan dapat dengan mudah dilakukan oleh semua orang di rumah sendiri.
Semoga bermafaat ya tipsnya!!!


0 Response to "Cara Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka"

Post a Comment

wdcfawqafwef